Definisi RFID

Radio Frequency Identification atau yang disingkat dengan RFID adalah teknologi wireless atau nirkabel untuk pengenalan atau identifikasi otomatis dengan frekuensi radio yang menggunakan dua komponen berupa tag dan reader yang terkontrol dengan suatu sistem kontrol (biasanya berupa komputer) sebagai pusat sistem dan penghubung untuk menerapkan teknologi ini ke hardware atau perangkat untuk sistem identifikasi. Tujuan teknologi RFID ini adalah untuk identifikasi atau pengenalan objek yang berisi data dan menyimpan data serta memprosesnya dan dihasilkan outputnya ke suatu perangkat dalam sistem identifikasi tersebut. Teknologi ini memanfaatkan gelombang dengan frekuensi radio untuk transmisi data secara wireless.

Identifikasi Frekuensi Radio-Apa itu Kartu RFID - Xinyetong

Ilustration

Cara Kerja RFID

Cara kerja RFID adalah berdasarkan pada cara kerja dua komponen yang menyusun RFID, yaitu tag dan reader. Komponen-komponen ini dikombinasikan sehingga dapat melakukan pengidentifikasian data dari tag ke reader. RFID tag ditempelkan atau dilekatkan pada suatu objek, yang umumnya berupa sebuah kartu. RFID tag ini yang akan dibaca data yang tersimpan di dalamnya oleh RFID reader. RFID reader akan memancarkan dan mengirimkan sinyal frekuensi radio, untuk disesuaikan oleh RFID tag.

Pengimplementasian RFID dalam Perkembangan Teknologi

Gambar Ilustrasi Cara Kerja RFID

Ketika RFID tag dan RFID reader memiliki frekuensi gelombang yang sama, maka data dan informasi pada tag akan bisa dibaca oleh reader. Transmisi gelombang radio yang dilakukan menyebabkan kedua komponen –tag dan reader– ini berkomunikasi secara wireless atau tanpa penggunaan kabel, dengan hanya mendekatkan tag kepada reader-nya.

Penerapan Teknologi RFID

Dalam perkembangan di dunia teknologi, RFID menjadi suatu teknologi yang menarik perhatian karena beragam kemudahan yang ditawarkan dengan penggunaannya. Saat ini RFID menjadi semakin banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan dalam sistem identifikasi otomatis. Penjelasan lebih rinci mengenai penerapan RFID di berbagai bidang akan dijabarkan sebagai berikut.

1. Penerapan di Bidang Keamanan

Teknologi RFID telah banyak digunakan dalam bidang dan keamanan. RFID telah menjadi perangkat yang umum digunakan sebagai kunci rumah, apartemen, atau ruangan kamar hotel. Teknologi ini memungkinkan mengakses ruangan dengan hanya menempelkan kartu yang ditempeli RFID tag pada RFID reader-nya, sehingga memberikan kemudahan akses. Penggunaan teknologi RFID ini juga dapat menghindarkan pemiliknya dari adanya upaya pembobolan. Dengan data yang disesuaikan antara RFID tag dengan RFID reader, serta kemampuan RFID reader dalam memeriksa kecocokan data, ini dapat menyediakan fasilitas pemberitahuan kepada pengguna jika terjadi pemasukan data yang tidak cocok berulang-ulang. Fasilitas pemblokiran dan enkripsi juga memungkinkan untuk digunakan untuk melindungi privasi penggunanya.

RFID Door Lock, Permudah Akses Masuk Pintu Otomatis

Ilustrasi Penggunaan RFID di pintu ruangan

Contoh penerapan lainnya yang umu ditemukan adalah teknologi anti pencurian, misalnya yang bisa ditemukan di pusat perbelanjaan. Dengan RFID reader yang ditempatkan di pintu keluar, akan membaca RFID tag yang disematkan pada objek yang dijual, sehingga ketika seseorang melewati pintu membawa barang yang RFID tag-nya belum terdata sebagai barang yang telah dibeli, RFID reader akan mengirimkan data ketidakcocokan ini ke pusat sistem, dan hasilnya akan dikeluarkan melalui output suara berupa alarm pemberitahuan. Dengan sistem ini data kelengkapan barang akan lebih akurat karena kemungkinan barang hilang menjadi terminimalisir.

2. Penerapan di Bidang Industri

Contoh pengimplementasian di bidang industri yang diambil dari referensi adalah dalam efisiensi Supplay Chain Management (SCM) atau manajemen rantai pasokan barang di suatu pabrik. Teknologi RFID dapat mengidentifikasi, mengkategorikan, dan mengatur ketersediaan barang dilengkapi dengan informasi mengenai barang tersebut. Kemudahan yang diberikan dengan menggunakan teknologi RFID dapat dirasakan oleh semua pihak yang terkait dalam hal pemasokan, yaitu pemasok, pemilik pabrik, distributor, pengecer, dan pembeli.

Ilustrasi Supply Chain

Di industri, produk harus dihitung sudah berapa kali dalam proses manufaktur selama tahap produksi, pembersihan, dan pengemasan. Namun dengan memanfaatkan tag RFID dan pembacanya, jumlah barang dapat dihitung hanya dalam hitungan detik. Hal ini dikarenakan tag RFID secara otomatis dapat dipindai tanpa berada di bawah scanner dan beberapa tag dapat dipindai secara bersamaan. Sehingga hal ini dapat menjadi efisiensi biaya dan waktu. Selain itu, dengan sistem identifikasi yang dimanfaatkan, setiap pihak dapat selalu melakukan pemantauan kondisi ketersediaan barang pasokan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam hal waktu proses pemasokan dan penyaluran, meningkatkan efisiensi dalam hal biaya selama proses penyortiran, pengiriman, dan distribusi, serta menawarkan keakuratan data dan informasi yang memungkinkan diakses semua pihak.

3. Penerapan di Bidang Administrasi

Contoh penerapan di bidang administrasi adalah dalam sistem presensi pegawai di sekolah atau universitas. Penerapan dalam sistem presensi ini juga lebih umum ditemukan pada perusahaan, yang digunakan untuk pencatatan kehadiran pegawainya. Dengan begitu data kehadiran pegawai akan terekam secara real time, sehingga lebih akurat dan efisien dibandingkan pendataan secara manual. Bahkan sistem ini bisa diintegrasikan dengan sistem penggajian, melalui pengolahan pada data presensi yang tersimpan di database pusat informasi.

Penggunaan RFID dalam kehidupan sehari-hari | ASDF.ID

Ilustrasi RFID untuk absensi

4. Penerapan pada Sistem Perpustakaan

Perpustakaan yang besar tentunya membutuhkan teknologi untuk mempermudah melakukan penyortiran buku, pencarian buku, pengidentifikasian data buku, dan sebagainya. Dalam semua proses inilah dimanfaatkan teknologi RFID. RFID dalam perpustakaan bisa menggunakan berbagai perangkat tambahan seperti self check in/outbook drop readermiddleware, dan lain sebagainya. Penerapan RFID di perpustakaan ini dapat memberikan kemudahan, efisiensi, dan akurasi dalam pencarian buku, pendataan buku dan inventaris, pengelolaan seluruh item dan data perpustakaan, serta pendataan terkait segala hal dalam proses peminjaman dan pengembalian buku.

Teknologi RFID untuk Layanan Mandiri Perpustakaan Unila – UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Ilustrasi Penggunaan di Perpustakaan

5. Penerapan di Bidang Kesehatan

Dalam dunia kesehatan pemanfaatan RFID biasanya dilakukan dalam pendataan barang-barang, serta pendataan pasien di rumah sakit. Dengan pendataan yang berbasis waktu nyata maka setiap pegawai rumah sakit dapat merasakan efisiensi yang diberikan teknologi RFID ini, karena dapat mengetahui posisi atau keadaan barang dengan cepat, juga dapat mengetahui data tentang seorang pasien dengan cepat. Sistem juga dapat menunjukkan data apabila seorang karyawan atau dokter sedang tidak bisa diganggu pekerjaannya. Dalam pengarahan pengunjung pasien juga bisa dilakukan dengan lebih cepat. Akibatnya proses penanganan pasien menjadi lebih cepat, dan ini akan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien.

Ilustrasi penggunaan RFID di Rumah Sakit

Di luar semua penerapan yang telah dijelaskan di atas, masih banyak penerapan teknologi RFID lainnya yang bisa ditemukan dalam kehidupan saat ini. Secara singkat, contoh yang bisa dibayangkan ketika mengetahui teknologi RFID adalah di bidang pembangunan, transportasi, manajemen parkir, produksi, sistem bagasi, pelacakan, penyewaan, dan masih banyak bidang lainnya. Teknologi RFID juga telah dimanfaatkan dalam sistem tertanam untuk tugas-tugas sederhana seperti penerimaan tamu otomatis yang dilengkapi dengan fasilitas pemberian souvenir. Dari semua penerapan ini dapat terlihat bahwa teknologi RFID saat ini telah menjadi teknologi yang sebenarnya sudah umum digunakan, namun jarang diketahui jenis teknologinya dan bagaimana sistemnya bekerja.

Informasi lebih lanjut tentang Smart Bisnis bisa bergabung dengan WA channel kami:

WhatsApp Channels Logo PNG vector in SVG, PDF, AI, CDR format

Follow For More Info:

Berkas:Instagram logo 2022.svg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas  New YouTube Logo PNG Images 2023  Tiktok png | PNGWing  File:LinkedIn logo initials.png - Wikipedia