Kartu pelajar memiliki berbagai kegunaan yang melibatkan pengidentifikasian, manfaat tambahan, dan pengakuan status sebagai pelajar. Berikut adalah beberapa kegunaan utama dari kartu pelajar:

  1. Identifikasi Siswa: Kartu pelajar digunakan sebagai alat identifikasi resmi bagi siswa di dalam lembaga pendidikan. Ini membantu staf sekolah atau perguruan tinggi mengidentifikasi siswa dengan cepat dan akurat.
  2. Akses ke Fasilitas Sekolah: Kartu pelajar dapat digunakan untuk memberikan akses ke fasilitas sekolah atau kampus tertentu, seperti perpustakaan, laboratorium, pusat olahraga, dan area lain yang memerlukan kontrol akses.
  3. Keperluan Administrasi: Kartu pelajar digunakan dalam proses administrasi seperti pendaftaran kelas, pengambilan jadwal, peminjaman buku di perpustakaan, dan lain-lain.
  4. Pencatatan Kehadiran: Beberapa sekolah atau perguruan tinggi menggunakan kartu pelajar untuk mencatat kehadiran siswa, terutama dalam situasi tertentu seperti ujian atau kuliah besar.
  5. Diskon dan Manfaat Tambahan: Kartu pelajar sering kali memberikan siswa akses ke diskon khusus atau manfaat tambahan, seperti harga tiket lebih murah di transportasi umum, potongan harga di toko atau restoran tertentu, dan akses ke acara-acara tertentu.
  6. Identifikasi dalam Acara Sekolah: Kartu pelajar dapat digunakan untuk mengidentifikasi siswa saat mengikuti acara-acara sekolah, seperti pertandingan olahraga, ekskursi, atau acara akademik.
  7. Pengakuan Status Pelajar: Kartu pelajar adalah bukti konkrit dari status sebagai pelajar di lembaga pendidikan. Ini berguna saat siswa harus membuktikan status pelajar untuk berbagai keperluan.
  8. Kunjungan Ke Lembaga Pendidikan Lain: Dalam beberapa kasus, kartu pelajar dapat memberikan akses kepada siswa untuk berkunjung ke lembaga pendidikan lain atau mengikuti acara-acara yang melibatkan siswa dari berbagai sekolah.
  9. Keperluan Keamanan: Kartu pelajar juga dapat digunakan untuk keperluan keamanan, seperti identifikasi siswa saat keluar masuk sekolah atau kampus.
  10. Meningkatkan Rasa Kepemilikan: Kartu pelajar dapat memberikan rasa kepemilikan dan identitas kepada siswa sebagai bagian dari komunitas pendidikan.
  11. Verifikasi Identitas: Kartu pelajar dapat digunakan sebagai alat verifikasi identitas saat siswa berinteraksi dengan pihak berwenang atau lembaga lain di luar lembaga pendidikan.

Kartu pelajar memiliki peran penting dalam memberikan identitas dan manfaat tambahan kepada siswa, serta membantu dalam menjalankan proses administratif dan kontrol di lembaga pendidikan