Layaknya kartu nama biasa, desainnya dari kartu nama ini bisa kamu rancang sendiri. Semua bisa kamu sesuaikan dengan preferensi. Kontak apa yang ingin kamu tulis? Di mana kamu menempatkan logo perusahaan? Semuanya bisa kamu tentukan sendiri. Kadang kala, ia juga disebut dengan kartu nama virtual. Dan pembuatannya juga sangat mudah, lho. Kata Elvanto, ada berbagai tools yang bisa kamu gunakan. Di antaranya adalah Haystack, Switchit, Inigo, L-Card, About.me, dan lain-lain.

  • Mengapa Kartu Nama Digital Penting?
  1. Penambahan link

Kartu nama virtual bisa digunakan layaknya halaman website. Di sana, kamu bisa menambahkan link ke mana pun seperti ke media sosial atau portofolio. Dengan mengklik link, pemegang kartumu bisa langsung menuju halaman terkait. Kamu tak perlu lagi repot-repot mengetik secara manual. Pemindahan kartu nama ke dunia digital ini tentu membuatnya makin praktis.

  1. Lebih mudah digunakan

Kamu ingin mengganti desain kartu nama? Sayangnya, cetakan lamanya belum habis? Hal ini tak perlu terjadi jika kamu menggunakan kartu virtual. Edit saja kartu namamu. Masalahmu pun selesai. Terlebih lagi, berbagai tools kartu nama elektronik juga memberikan pilihan template. Hal ini membuatmu tak perlu lagi mendesain semua dari nol.

  1. Tak ada batas ukuran

Kamu merasa ruang di kartu nama terlalu sempit? Sayangnya, di sisi lain, membuat kartu nama berukuran kertas besar tentu tak mungkin. Nah, kartu nama digital adalah salah satu solusi untukmu. Di sana, kamu bisa menulis apa pun yang menurutmu penting. Tak perlu lagi terkungkung ukuran kertas tentu jadi kelebihan yang patut kamu pertimbangkan.

  1. Kelebihan lainnya

Masih banyak kelebihan kartu virtual yang lain. Misalnya, lebih ramah lingkungan karena tak perlu kertas. Belum lagi, kamu akan terlihat menonjol dan unik. Siapa yang tak ingin diingat saat sedang membangun networking?

 

  • Kekurangan kartu nama elektronik

Semua yang ada di dunia ini tentu punya kekurangan. Kartu nama virtual juga salah satunya. Kartu ini tak bisa diakses semua orang. Sebab, tak semua orang tahu bahwa jenisnya ada. Hal ini berbeda dengan kartu nama biasa yang sudah umum. Dunia internet juga rawan dengan eror dan masalah teknis. Hal ini bisa terjadi kapan pun, termasuk saat seseorang mengakses kartu nama virtual milikmu. Belum lagi, masalah teknis yang ada di pihak pengakses. Misalnya, internet yang sedang tak stabil.

Demikian informasi dari Glints mengenai kartu nama elektronik. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencobanya? Timbang-timbang dulu berbagai kelebihan dan kekurangannya, ya! Kartu nama digital hanyalah satu di antara banyak inovasi yang mengubah dunia profesional. Selain itu, masih banyak temuan lain yang mempengaruhi wajah pekerjaan, lho.