Kartu e-tol (electronic toll card) adalah sebuah kartu berbasis teknologi elektronik yang digunakan untuk membayar tol saat melintasi jalan tol. Kartu ini telah dikembangkan untuk mempermudah proses pembayaran tol dan mengurangi waktu tunggu di gerbang tol.

Kartu e-tol bekerja dengan menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) atau NFC (Near Field Communication). Setiap kartu e-tol memiliki chip yang berisi informasi akun pengguna dan saldo yang terhubung dengan rekening atau akun tertentu. Ketika kendaraan yang dilengkapi dengan kartu e-tol melintasi gerbang tol, pembaca di gerbang tol akan membaca informasi dari chip kartu, dan biaya tol akan otomatis terpotong dari saldo yang ada pada kartu tersebut.

Manfaat utama dari kartu e-tol adalah efisiensi dalam pembayaran tol, karena pengguna tidak perlu berhenti untuk membayar secara tunai atau menggunakan kartu kredit/debit setiap kali melewati gerbang tol. Dengan begitu, kartu e-tol membantu mengurangi antrian di gerbang tol dan mempercepat perjalanan di jalan tol.

Kartu e-tol biasanya dapat diisi ulang (top-up) dengan jumlah uang tertentu melalui berbagai cara, seperti di gerbang tol, stasiun pengisian khusus, aplikasi mobile, atau loket pembayaran yang ditunjuk. Selain itu, beberapa negara juga menyediakan program diskon atau insentif khusus bagi pengguna kartu e-tol untuk mendorong penggunaan teknologi ini.

Di beberapa negara, kartu e-tol juga dapat diintegrasikan dengan sistem transportasi lain, seperti transportasi publik atau layanan parkir. Namun, perlu diingat bahwa setiap negara atau wilayah mungkin memiliki sistem kartu e-tol yang berbeda, jadi penting untuk memahami cara menggunakan dan mengisi ulang kartu e-tol sesuai dengan ketentuan yang berlaku di tempat Anda tinggal atau berkendara.

Kartu e-tol biasanya digunakan untuk membayar tol saat melintasi jalan tol di beberapa negara, termasuk Indonesia. Kegunaan kartu e-tol adalah untuk memudahkan proses pembayaran tol dan mengurangi waktu tunggu di gerbang tol. Beberapa kegunaan kartu e-tol antara lain:

  1. Pembayaran otomatis: Ketika kendaraan melintasi gerbang tol, sistem otomatis akan membaca kartu e-tol dan langsung mengurangi saldo yang tersimpan di kartu tanpa perlu berhenti atau membayar secara tunai.
  2. Menghindari antrian: Dengan menggunakan kartu e-tol, kendaraan dapat melewati gerbang tol tanpa perlu berhenti untuk membayar, sehingga mengurangi antrian dan waktu tunggu di gerbang tol.
  3. Kemudahan dan kenyamanan: Penggunaan kartu e-tol lebih praktis karena tidak perlu mengeluarkan uang tunai setiap kali melintasi jalan tol. Cukup menyentuhkan kartu pada pembaca yang ada di gerbang tol.
  4. Integrasi dengan sistem transportasi lain: Beberapa kartu e-tol juga dapat digunakan untuk membayar tol di jalan tol dan akses tol lainnya, serta dapat diintegrasikan dengan sistem transportasi publik seperti bus, kereta api, atau transportasi lainnya.
  5. Rekonsiliasi dan transparansi: Kartu e-tol memudahkan pemilik kendaraan untuk melacak pengeluaran tol dan memahami pola perjalanan yang dilakukan.
  6. Potongan harga: Di beberapa negara, pengguna kartu e-tol dapat menikmati potongan harga atau diskon tertentu saat melintasi jalan tol.

Perlu dicatat bahwa setiap negara mungkin memiliki sistem e-tol yang berbeda, jadi pastikan untuk memahami cara menggunakan kartu e-tol yang berlaku di negara tempat Anda tinggal atau berkendara