Kartu antrian adalah kartu yang berisi nomor urut untuk mengantre di tempat-tempat pelayanan seperti customer service bank, teller bank, puskesmas, rumah sakit, mendaftar sekolah atau kuliah, dan sebagainya.

Fungsi Kartu Antrian

Kartu antri wajib ada di setiap perusahaan yang setiap hari melayani para klien karena kartu ini memiliki fungsi penting sebagai berikut:

Menjaga Tata Tertib
Fungsi utama kartu antrian adalah untuk menertibkan para klien. Masyarakat Indonesia memiliki kesadaran akan ketertiban yang rendah, Contohnya saja di pasar tradisional. Di pasar tradisional para pembeli tidak akan mengantre ketika membeli di suatu kios, tetapi mereka akan mengerubungi kios tersebut. Siapa yang berani bercelutuk supaya lekas dilayani maka ia akan dilayani meskipun ia tidak datang paling awal.Di tempat seperti itu mungkin tidak apa-apa bila menyerobot. Namun, di tempat lain yang sudah jelas-jelas ada antreannya, ada saja orang yang akan menyerobot antrean. Itu akan membuat orang lain yang sudah mengantre duluan merasa kesal dan marah, percekcokan bisa terjadi. Kalau antar klien sampai bertengkar, tentu akan memperpanjang urusan.

Oleh karena itu diperlukan kartu antrean agar mereka tidak berebut ketika harus mengantre dan untuk mencegah pertengkaran antar klien.

Melancarkan dan Mempercepat Suatu Proses
Klien yang tidak tertib akan membuat suatu proses atau kegiatan terhambat. Ini tentu akan merugikan baik di sisi klien maupun di sisi perusahaan. Dari sisi perusahaan, customer service harus menambah jam kerja karena para klien belum terlayani semuanya. Dari sisi klien, pekerjaan mereka tentu akan terhambat karena menunggu giliran mereka yang sangat lama.

Sebaliknya, bila klien tertib tentu kegiatan akan berjalan lancar dan mempercepat proses tersebut. Pekerjaan lain yang sama pentingnya bisa segera dikerjakan.

Bikin Kartu Antrian
Kartu antri dapat Anda buat sendiri menggunakan kertas yang delaminating. Namun, kartu yang seperti itu cepat rusak, apalagi jika setiap hari di perusahaan Anda ada puluhan klien yang berkunjung. Belum ada sebulan pasti sudah harus diganti dengan yang baru. Kerap mencetak kartu untuk antre akan membuat anggaran boros.

Supaya tidak sering mencetak kartu antiri, maka buatlah kartu yang dibuat dari plastic PVC yang kerap digunakan untuk membuat ID card. Anda dapat memesan kartu antrian PVC di Bikinidcard.com.

Bikinidcard.com merupakan pusat pembuatan ID card, kartu nama, dan kartu antrian. Kartu untu antri yang kami produksi berukuran yang sama dengan ukuran standar ID card, yaitu 85 mm x 54 mm.

Jenis ID Card Untuk Kartu Antrian
Jenis ID card yang kami gunakan untuk membuat kartu antrian adalah:

ID card press
ID card press adalah kartu yang dicetak menggunkan mesin digital printing dan mesin press. Ketebalannya 0,76 mm. Hasil cetakannya full color dan tahan air, e-KTP adalah salah satu contoh ID card press.

ID card instant
Kartu atau ID card ini sama dengan ID card press, tetapi kualitasnya tidak sebagus dengan ID card press.

ID card tipis
ID card tipis juga sama dengan ID card press tetapi lebih tipis, ketebalannya hanya 0,4 mm.

Ketiga jenis ID card tersebut sama-sama bagus untuk dijadikan kartu antri. Sesuaikan saja dengan kebutuhan perusahaan Anda.