Butuh Penawaran Khusus? Hub    031 - 8478763

Deteksi Perbedaan Kartu Magnetik HICO vs LOCO

Deteksi Perbedaan Kartu Magnetik HICO vs LOCO

Posted by Admin in Artikel Terbaru 03 Dec 2015

Benarkah jika sebuah kartu member memiliki peran dominan dalam jurus marketing saat ini? Jawabannya adalah iya karena 87,5% marketing sukses di dunia menggunakan media tersebut untuk mengikat loyalitas pelanggan. Mengapa demikian? Secara teori pelanggan akan senang jika mendapatkan potongan atau bonus, meskipun jika ditinjau dari nilainya yang tidak begitu signifikan namun hal yang demikianlah yang membuat pelanggan jatuh cinta berkali-kali dengan produk Anda sehingga enggan membeli di kompetitor lainnya. Apakah bisnis Anda sudah memulai menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan? Jika belum, segera mulailah sekarang karena persaingan dunia bisnis begitu ketat. Jika kita tidak sigap kita akan tetap memiliki bisnis yang rata-rata atau tidak mampu berkembang dengan pesat.

Biasanya kartu member yang paling sering digunakan adalah kartu member dengan personalisasi magnetik HICO & LOCO yang dibedakan jenis menurut coercivity – nya yaitu High Coercivity atau Hico dan Low Coercivity atauLoco.Lantas, apa kelebihan kartu magnetik? Kelebihan kartu magnetic adalah kemampuannya menyimpan data yang tidak mungkin ditampilkan dalam fisik kartu id card atau member card. Proses pemasukan data ke id card atau member card ini dinamakan encoding yang berasal dari kata encode dimana prosesnya dilakukan oleh encoder.

perbedaan hico dan loco

Pada dasarnya jumlah data yang dapat diencode ada kartu magnetik adalah sama besarnya yaitu 3 track. Lalu, apa perbedaan yang paling mendasar? Yakni antara HICO & LOCO adalah tingkat kesulitan untuk menghapus atau memasukan informasi. Berikut adalah spesifikasi dari masing-masing magnetik:

HiCO
Atau High coercivity adalah nilai koefisiensi yang tinggi dari suatu media magnetik yaitu antara 2500 – 4000 Oe (ISO 7811-6) dan biasanya diencode dengan daya magnetik yang lebih besar (2750 Oersted). Inilah faktor yang membuat kartu HiCo lebih tahan lama karena dalam prosesnya seharunya tidak mudah dihapus. Warna stripenya hitam dan paling banyak diaplikasikan untuk Kartu ATM, Kartu Member, Credit Card, Kartu Pelajar, Kartu Pegawai dsb.

LoCo
Atau Low coercivity adalah nilai koefisiensi yang rendah dari suatu media magnetik yaitu antara 250 – 600 Oe (ISO 7811-2). Memiliki karakteristik warna stripe cokelat dan paling direkomendasikan untuk pemakaian jangka pendek. Magnetik LOCO biasanya diencode pada daya magnetik yang rendah yaitu (300 Oersted). Jenis ini paling banyak digunakan untuk kartu hotel, kartu bermain, kartu event dsb.

Tips:
Yang terpenting sebelum memutuskan menggunakan jenis magnetik HICO atau LOCO untuk usaha Anda pastikan terlebih dahulu sampai kapan Anda akan menggunakan kartu tersebut. Banyak kejadian terutama pada saat Kartu kunci hotel berhenti bekerja atu rusak. Kartu Magnetik tentu saja dapat diprogram ulang, tapi akan sangat menganggu proses bisnis. Jadi kesimpulannya kartu magnetik HICO adalah jenis yang paling kami rekomendasikan, bedanya hanya terkait selisih harga dengan kartu magnetik LOCO. Bagaimanapun kebutuhan Anda ingatlah tentang prinsip kualitas sebanding dengan harga karena harga setara dengan kualitas dan kemampuan. Semoga Sukses!