Pernahkah Anda mendatangi konser musik atau acara tertentu? Jika Anda pernah mendatangi konser musik dalam beberapa tahun terakhir ini maka mungkin saja Anda sudah tidak asing lagi dengan wristband. Penggunaan produk wristband / gelang event belakangan ini menjadi tren dalam banyak konser musik.

Wristband pada umumnya berbentuk gelang yang didapatkan setelah menukarkan tiket konser. Penggunaan wristband pun mempunyai banyak manfaat dibandingkan dengan stempel atau tiket kertas yang sebelumnya banyak digunakan di konser musik atau acara tertentu.


Lantas, apa saja manfaat penggunaan wristband dalam konser bagi pihak penyelenggara? Simak beberapa manfaatnya di bawah ini!

1. Wristband tidak mudah hilang, tertinggal, atau ketinggalan di rumah

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengunjung konser adalah kehilangan tiket konser atau meninggalkannya di rumah. Terkadang, masalah ini tidak sepenuhnya menjadi kesalahan pengunjung konser tersebut. Tiket konser yang pada umumnya hanya berupa potongan kertas dapat dengan mudah hilang di dalam tas, dompet, atau terjatuh di tengah jalan.

Selain itu, potongan tiket tersebut juga sangat ringan dan rapuh. Hal ini membuat potong tiket mudah rusak hingga tidak dapat dikenali. Pada akhirnya, tiket bisa saja tidak dapat diverifikasi untuk masuk ke area konser, sehingga membuat Anda dan pengunjung konser merasa tidak nyaman.

Sebaliknya, wristband sangat dengan mudahnya dapat dilihat dan tahan lama, berkat warnanya yang biasanya lebih cerah dan menggunakan bahan karet yang kuat. Oleh sebab itu, wristband memiliki kemungkinan lebih kecil untuk hilang atau rusak, sehingga tidak dapat digunakan untuk memasuki area konser. Di sisi lain, wristband dikenakan di pergelangan tangan turut menghindari kemungkinan pengunjung konser untuk menyimpannya di saku atau dompet mereka yang bisa saja hilang atau tertinggal di suatu tempat.

2. Wristband lebih mudah diperiksa dan diverifikasi

Memeriksa identitas atau tiket pengunjung tentunya menguras sangat menguras tenaga. Akan tetapi, penggunaan wristband  dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah tersebut. Penggunaan wristband dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan pengunjung konser untuk diproses dan diverifikasi ketika akan masuk ke area konser.

Para pengunjung hanya perlu memakai wristband dan kemudian mengangkatnya agar para staf dapat melihat dan dapat mengakses data yang tersedia. Dalam hal ini, para pengunjung konser tidak perlu lagi mengobrak-abrik saku atau dompet mereka untuk mencari tiket konser. Sementara para staf tidak perlu lagi memeriksa database untuk memverifikasi setiap pengunjung konser. Semuanya ini menghasilkan alur yang lebih cepat, praktis, serta menghilangkan kemacetan dan antrean yang panjang.

Baca Juga: 3 Manfaat Lanyard Untuk Keperluan Bisnis Kalian

3. Meningkatkan keamanan saat konser

Setiap konser, baik itu konser dalam skala kecil atau besar, sama-sama membutuhkan langkah-langkah keamanan yang tanggap. Wristband dapat menjadi alat yang sangat mudah dilihat ketika dikenakan di pergelangan tangan. Anda dapat dengan mudahnya mendapati orang yang mungkin saja tidak seharusnya berada dalam area konser.

Selain itu, Anda juga dapat membuat wristband dengan warna dan desain yang berbeda. Jika Anda menyajikan alkohol dan orang-orang di bawah umur hadir di acara Anda, Anda bahkan dapat membuat wristband khusus yang hanya diperuntukkan untuk usia tertentu saja. Hal ini akan membantu staf dalam menentukan siapa yang dapat minum dan tidak dapat minum.

4. Tidak membutuhkan banyak biaya dan tenaga

Mencetak tiket untuk dua hari konser dapat memakan biaya yang sangat besar. Selain itu, mencetak tiket konser mungkin saja memerlukan waktu berjam-jam untuk mencetak semuanya, dan pada akhirnya banyak yang terbuang sia-sia.

Jika mengadakan konser yang dilaksanakan lebih dari satu hari maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan wristband. Nantinya, para pengunjung konser dapat membawa wristband yang sama di  keesokan harinya dan tidak memerlukan yang baru. Jika Anda perlu membeli wristband lanyard printing cadangan, maka Anda dapat membelinya dengan harga murah.

5. Wristband dapat berfungsi sebagai media promosi merek atau bisnis Anda

Ketika Anda telah menyesuaikan wristband untuk dihiasi dengan nama dan tanggal konser, tidak ada salahnya untuk menambahkan referensi merek atau bisnis Anda? Menambahkan referensi bisnis atau merek Anda ke wristband dapat memudahkan pengunjung menemukan cara untuk menghubungi bisnis Anda.

Anda dapat mengubah pengunjung konser menjadi calon klien bisnis Anda. Jika konser yang diadakan berjalan dengan sukses maka para pengunjung juga dapat menjadi iklan berjalan untuk Anda. Hal ini dapat terjadi karena para pengunjung konser akan mengenakan wristband tersebut selama beberapa hari mendatang untuk menjaga kenangan yang terjadi selama konser.

Sejatinya, penggunaan wristband sangat cocok digunakan untuk acara yang berlangsung selama lebih dari satu hari karena bahannya yang dapat bertahan lama. Cobalah untuk mencari vendor yang dapat memproduksi wristband dengan kualitas terbaik.